Kamis, 08 Maret 2012

Pacu Jalur

Diposting oleh Irbamur Gina di 06.55
Even Pacu Jalur 2010 di Kabupaten Kuantan Singingi telah berlangsung tanggal 29 Juli – 1 Agustus 2010 lalu. Event yang telah menjadi agenda pariwisata nasional ini biasanya berlangsung setiap akhir bulan Agustus, dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan RI.
Even Pacu Jalur ini sendiri telah berusia lebih dari seabad. Pada masa lalu biasanya di tampilkan di depan para petinggi Kolonial Belanda. Gambar di atas adalah para “anak pacu”, istilah yang ditujukan kepada para pedayung jalur yang berlomba.
Gambar di atas memperlihatkan dua jalur yang saling berpacu dalam even Pacu Jalur 2010. Even ini dipusatkan di Tepian Narosa, di pusat kota Taluk Kuantan, ibukota Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Sebelum berpacu di sini, biasanya, jalur-jalur ini telah melakukan ujicoba pacu di kecamatan-kecamatan yang ada di Kuantan Singingi. Namun demikian, peserta Pacu Jalur ini tidak hanya berasal dari kecamatan-kecamatan di daerah ini, tapi juga berasal dari luar kabupaten dan provinsi Riau.
Setiap kali pelaksanaan Pacu Jalur, maka ribuan masyarakat dari penjuru daerah memadati tepian Sungai Kuantan ini Sebelum pelaksanaan Pacu Jalur, biasanya ditampilkan pawai budaya sebagai bagian dari rangkaian acara pembukaan even ini. Pawai Buadaya ini akan saya tampilkan dalam postingan mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar

buku tamu

( Webmasters, Click here to get a free guestbook!)
 

Irbamur_Gina Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review